Current Giveaway 5-12 May 2017

Review The After Dinner Mysteries by Higashigawa Tokuya

My rating : 4 bintang (skala 5)

Judul : The After Dinner Mysteries
Pengarang : Higashigawa Tokuya
Penerjemah : Khairun Nisak
Penyunting : Novianita
Proof reader : Dini Novita Sari
Design cover : Yusuke Nakamura
Ilustrator : @teguhra
Penerbit : Haru
Terbit : Februari 2014
Jumlah halaman : 291 halaman
 ISBN : 978-602-7742-29-1


Sinopsis :
 “Maaf, Tuan Putri … Kalau Anda tidak tahu kebenaran kasus sepele seperti ini, apakah Tuan Putri sebenarnya bego?”

“Jangan-jangan mata Tuan Putri sebenarnya hanya lubang tak berguna?”

Hosho Reiko ialah seorang detektif polisi wanita muda yang cantik dan berkedudukan di Kantor Kepolisian Kunitachi, wilayah Tokyo, prefektur Tama. Ia membenci sebutan nona. Sebenarnya Reiko merupakan ‘tuan putri’ karena ia seorang  putri tunggal pemilik Hosho Group, Hosho Seitarou yang kaya raya. Tapi, ia selalu berusaha menjaga identitasnya di kalangan kepolisian.
Reiko menangani berbagai kasus kejahatan dengan bantuan Kageyama, pelayan tampan yang pintar, tapi berlidah tajam.

Review :

Ohayou, minnasan. ^.^

The After Dinner Mysteries bercerita tentang kasus-kasus misteri yang harus dipecahkan oleh Hosho Reiko. Bahkan atasan Reiko, Komandan Kazamatsuri tidak bisa memecahkan kasus-kasus tersebut. Pelayan ayahnya yang setia, tampan, dan berlidah tajam, Kageyama dapat menganalisis kasus-kasus kejahatan yang rumit hanya dengan mendengarkan cerita Reiko. 
  
Kisah komedi detektif ini diutarakan dengan bahasa yang ringan dan menghibur. Latar belakang cerita disajikan dengan ekstrim. Kehidupan Reiko yang kaya raya, bergelimang kemewahan kontras dengan kekelaman bidang pekerjaannya yang berhubungan dengan sudut tergelap hati manusia.

Pengarang berhasil membangun karakter-karakter tokohnya yang kontras satu sama lain.

Hosho Reiko yang cantik, elegan, modis, super kaya raya, emosional, dan polos.

Kageyama yang tampan, sopan tapi sinis, suka mengejek, bermulut besar, berlidah tajam, dingin, provokatif, teliti, dan sangat pintar. Pelayan yang sebenarnya bercita-cita ingin menjadi pemain bisbol professional atau detektif swasta.

Komandan Kazamatsuri (atasan Reiko) yang kaya raya, suka pamer, ceroboh, bodoh, tidak logis, aneh, semau gue, dan naksir Reiko! Sengaja menjadi polisi untuk mewujudkan impian sederhananya, mengemudi keliling kota dengan lampu patrol terpasang di mobil Jaguar silver metalik kesayangannya.

Kisah detektif dengan gaya menguraikan kronologis kejahatan. Ada 7 kasus yang harus dipecahkan Reiko dan Kageyama. Kisah-kisahnya bervariasi sehingga tidak membosankan.

Analisa kejahatan pada novel detektif ini lebih cenderung ke gaya Sherlock Holmes ataupun Detektif Conan. Detil mengenai pakaian, sepatu, waktu kejahatan, alat kejahatan, dll. Tidak terlalu menganalisa psikologis seperti kisah-kisah Agatha Christie. Gaya bahasanya runut dan mudah dipahami.

Sekilas karakter tokoh Kageyama yang cuek dan pintar agak mirip dengan karakter Conan atau Shinichi Kudo. Bahkan mereka sama-sama berkacamata! Tapi Kageyama lebih sinis dan dingin, sedangkan Conan jauh lebih hangat. Sebenarnya kisah ini akan jauh lebih menarik jika dibumbui sedikit romantisme antara Kageyama dan Reiko. Mungkin seperti Reiko yang jatuh cinta dengan Kageyama, tapi tidak ditanggapi.  =)

Sedikit kekurangan novel ini ialah gaya bahasanya agak datar. Kelucuannya juga agak nanggung. Hanya dari unsur sarkastis pada dialog. Mungkin akan lebih menarik jika benar-benar ada adegan lucunya.

Pokoknya, minnasan, The After Dinner Mysteries o yomimashou! ^.^ 
  

Komentar

Popular Posting