Current Giveaway 5-12 May 2017

Twitterchat dengan K. Fischer Pengarang Novel Berlabuh di Lindoya



Hasil livechat di twitter pada tanggal 3 November 2015 jam 14.30-16.30 WIB dengan Mbak Kusumastuti, pengarang novel Denting Lara, Blue Vino, dan Berlabuh di Lindoya. Aku sengaja menampilkan tweet apa adanya supaya terkesan keakraban antara si pengarang dengan fansnya. ^^
Yuk baca Review Berlabuh di Lindoeya



 Jumlah peserta total 21 orang :
1.   @Lenny66677291
2.   @TanyaFcsh_ 
3.  @DiddySyaputra 
4.   @LiebeIs0503
5.     @dhegol27
6.     @aanisanatasya
7.   @aprlboanarges
8.   @DabelyuPhi
9.   @nunaalia
10. @Kimol12 
11. @Nadia48nafla
12@Agatha_AVM 
13. @angels_rutherfo
14. @Nadia48nafla
15. @ruth_shiela 
16. @VelikaNatalia 
17. @DEENAmond
18. @dust_pain 
19. @vivicynthia
20. @RiniCipta 
21. @Bintang_Ach 

Terima kasih banyak atas partisipasinya.
Kedua pemenang yang beruntung ialah
@VelikaNatalia (untuk pertanyaan terkreatif)



dan
@aanisanatasya (untuk pertanyaan terbanyak)



Mari kita beri semangat pada Mbak Uti supaya cepat menerbitkan novel Amore dan mengadakan blogtour lagi. ^^ Yeaaaaaaay!!!! =)


Biografi




@aprlboanarges : Selain jd penulis, kegiatan sehari2 mbak apa?
@utiauthor : wah ini bisa jadi novel sendiri saking banyaknya
@Kimol12 : Di norwegia, org lbh kenal mbk sbg penulis atw ada profesi lainnya? 
@utiauthor : di austria, kenalnya sebagai project manager bikin pabrik baja atau ibu RT

@Kimol12 : Anak mbak suka tny2 g ttg Indonesia? Diajarin bhs indo juga g mbak?
@utiauthor : beberapa yang penting.Terima kasih.

@Kimol12 : Gimana cara mbak mengenalkan Indonesia ke anak mbak?
@utiauthor : dari makanan!



@aanisanatasya : Mbak pengen gak sih nanti anaknya jadi penulis juga kayak mbak?
@utiauthor : wah ngga, saya aslinya insinyur mesin, dan so far yg gede maunya malah kimia.

@Kimol12 : Hai mbak, suka kangen gak pengen pulang ke indonesia?

@utiauthor : tentu. terutama makanannya.


@Kimol12 : Selain keluarga, apa sih yg paling mbak kangenin dari Indonesia?

@utiauthor : teman dan makanan.


Karir sebagai Penulis

@ruth_shiela : Dari mana awalnya Mbak Uti berkeinginan menjadi penulis dan apakah di keluarga ada yang menjadi penulis/memiliki bakat menulis juga?
@utiauthor : pernah pas masih nulis artikel majalah makanya lari ke buku yg tanpa deadline

@aanisanatasya : Buku anak dan buku fiksi, mbak pertama kali berkecimpung di dunia yang mana dahulu?
@utiauthor : bukan dua2nya malah artikel. Sudah ratusan artikel baru buku. http://utiauthor.weebly.com/

@Lenny66677291 : Sudah berapa lama sih mbak @utiauthor menjadi penulis?
@utiauthor : sejak umur 10 tahun liat utiauhor.weebly.com

@DabelyuPhi : siapa orang yg paling mendukung mbak @utiauthor saat pertama kali terjun ke dlm dunia tulis menulis?
@utiauthor : eyang saya

@nunaalia : Apa yang membuat Mbak Uti tertarik (untuk pertama kalinya) menjadi penulis?
@utiauthor : masa kecil sendirian bwahahha..
@LiebeIs0503 : memutuskan untuk jadi penulis itu memang cita2 atau awalnya hobi saja kak
@utiauthor : awalnya hobby, lalu biar ngga gila, too much ideas in my head


@aanisanatasya : Waktu yg pas untuk mbak menulis pas kapan sih mbak?
@utiauthor : pas rumah sepi (sayangnya jarang bwahahha)



@VelikaNatalia : Sebagai seorang penulis, apa yang penulis dapatkan selain kepuasan menulis sebuah buku?
@utiauthor : Puas kalau pembaca menangkap "message" nya.


Favorit

@LiebeIs0503 : novel favorit kak @utiauthor apa kak? kenapa suka novel itu?
@utiauthor : banyak banget. kalau ini karena tokoh wanitanya hebat


@nunaalia : Apa yg menarik dari novel favorit itu? 
@utiauthor : semuanya. plotnya, tokohnya, semua.

@nunaalia : Siapa penulis favorite Mba Uti? Apa yg istimewa dari penulis itu?

@utiauthor : buanyak banget. konsistensi mereka menulis.


@aanisanatasya : Mbak pribadi lebih suka baca novel dari penulis luar atau penulis indonesia? Knp?
@utiauthor : malangnya luar.. logika dan detailnya lebih kuat.

@Nadia48nafla : mbak @utiauthor suka karakter cewek/cowok yg seperti apa? 
@utiauthor : karena saya sendiri bukan tipe pasrah, jadi semua yang tidak pasrah

@ruth_shiela : Dari sekian banyak buku yang telah ditulis oleh Mbak Uti, mana judul/buku yang menjadi favorit  dan mengapa?
@utiauthor : tidak ada, buku kayak anak, laki perempuan sama saja yang penting kasih sayang
@Nadia48nafla : tempat favorit mbak @utiauthor utk menulis dimana? knp plh tmpat itu?
@utiauthor : dimana2 tdk ada tempat khusus


 
@Nadia48nafla : mbak @utiauthor lbh suka happy ending / sad ending? alasan?
@utiauthor : happy, kasihan yg udah beli bukunya.susah hidupnya kalau bad ending


@aanisanatasya : Mbak, ini pertanyaan pribadiku yang menurutku agak melenceng? Mengapa Mbak kalau jawab pertanyaan dari pembaca pasti rata-rata dengan disertai pict? Apa alasannya?

@utiauthor : because A picture is worth a thousand words.


Tantangan



@DabelyuPhi : Pernah mengalami jatuh-bangun  selama nulis novel-novel Mbak belum? Butuh waktu berapa lama buat bisa bangkit lagi?

@utiauthor : pasti pernah, sudah revisi berkali2 malah ditolak misalnya. some days.


@LiebeIs0503 : Kak @utiauthor pernah ngak sih merasa takut suatu saat nanti tiba2 gak ada ide lgi buat mnulis?

@utiauthor : TIDAK. Yg saya takut saya tua tanpa pernah berkarya apa2.

@dust_pain  : misal ada ajakan nulis duet, mba @utiauthor mau duet brg sp? alasannya?
@utiauthor : pernah beberapa kali tapi sampai sekarang belum sreg, gaya nulisnya beda

@nunaalia : Ada gak sih orang yg sempat menentang pilihan mba Uti sebagai penulis?
@utiauthor : BUANYAK SEKALI. sebagai insinyur mesin endingnya menulis buat banyak orang itu memalukan!

@TanyaFcsh_ : Jika keluarga melarang kk menulis Apa yg akan kk lakukan?
@utiauthor : mereka MEMANG melarang.
@TanyaFcsh_ beneran dilarang?? Tapi kk tetep lanjut nulis?


Go International

@aprlboanargesBuku Mbak Uti kan ada yang sudah dialihbahasakan. Ceritakan proses singkatnya dong hingga akhirnya diterjemahkan.
@utiauthor : yg minta penerbit (GPU & BIP), dan yg mengurus jg mereka. 



Harapan


@angels_rutherfo  : Apa harapan kakak bagi pembaca novel-novel karya kakak, khususnya para pembaca novel Berlabuh di Lindoya?
@utiauthor : nangkep pesannya, terutama para perempuan, kalian bisa!


@DabelyuPhi : dr semua novel yg udah mbak @utiauthor tulis, novel mana yg plg pengen mbak jadiin film pertama kali?

@utiauthor : Denting Lara, karena lokasi di Jakarta



Keistimewaan Lindoya



@DiddySyaputra : Keistimewaan BerlabuhdiLindoya apa sih? & knp memilih Lindoya sbg setting utama?
@utiauthor : jalan cerita & karena pernah ke sana

@DiddySyaputra : Oaaa, Good.


@TanyaFcsh_ : kata untuk mendeskripsikan novel kaka?
@utiauthor : berbeda


@DEENAmond Berhubung saya belum pernah baca buku Mbak Uti sebelumnya, boleh dong dikasih tau apa yang bikin novel Mbak Uti spesial dan harus banget saya baca? Ga usah bingung-bingung, dari yang udah dikasih tau penggemar buku Mbak Uti juga saya terima kok.

@utiauthor : cerita tidak biasa, ada pesan khususnya dan lokasi penting


Playlist



@aanisanatasya : Mbak kalo mau baca berlabuh di lindoeya menurut mbak yg cocok jadi soundtrack apa? Hehe

@utiauthor : Hei ada playlistnya lho! The Swan, We are Young FUN itu salah duanya hihihi


Misi



@nunaalia : Apa misi mba Uti dalam menulis novel?

@utiauthor : khusus lindoeya untuk pemberdayaan perempuan



Inspirasi


@DiddySyaputra : Kali pertama muncul ide ttg Berlabuh di Lindoya saat sdg apa Kak @utiauthor & di mana?
@utiauthor : sedang di sana. ini ide boardnya ya



@DiddySyaputra  : Wah, bisa dijadiin pedoman nih dlm menulis.


@TanyaFcsh_  : Apa ada penulis yg menjadi inspirasi?
@utiauthor : Banyakkk

@nunaalia  : Kalau berandai-andai Tokoh Sam dan Rasmus dalam dunia nyata, mba gambarkan siapa orangnya?
@utiauthor : Sam dari banyak korban serupa di media, Rasmus dari Nansen


@aanisanatasya : Mbak, film apa yg menginspirasi mbak dlm menulis novel?
@utiauthor banyak, asli banyak


@DiddySyaputra  : Siapa tokoh Berlabuh di Lindoya yg begitu memotivasi hingga Kak @utiauthor sendiri pun termotivasi? Knp?
@utiauthor Sam & Rasmus
@DiddySyaputra  : Kenapa memilih mereka? *alasannya sedikit aja Kak, nggak perlu detail kok :)

@utiauthor  ini harus kamu baca kalau tidak jadi spoiler

@nunaalia : Mba Uti, tau daerah Lindoeya dari mana? (sebelum ke sana langsung)

@utiauthor tidak tahu, tanpa rencana ke sana pas lagi di norwegia. ikut feri ini


@nunaalia : Ada gak sih dari novel2 mba yg karakter tokohnya merupakan pribadi mba Uti sendiri?
@utiauthor saya bilang tidak tapi kata beberapa teman ada.. jadi yah tidak tahu jg

@aanisanatasya : Ada gak sih mbak penulis indonesia dan luar negeri yg menginspirasi dalam gaya nulis mbak?
@utiauthor banyakkkk

@DabelyuPhi : buku apa yg pertama kali mbak @utiauthor baca, yg kemudian menginspirasi mbak untuk jd seorang penulis?
@utiauthor ohaaa, sudah beda abad! haha enyd blyton atau little house ini.


@nunaalia : Waktu di Lindoeya pernah ketemu penulis juga gak sih mba?
@utiauthor tidak


@vivicynthia : kenapa memilih lindoya,mungkin banyak lokasi yg pernah kakak kunjungi?

@utiauthor karena saya pernah ke sana dan dapat ilham di sana



Tentang Berlabuh di Lindoeya

@vivicynthia : sudut pandang pembaca,Aku,ia/sam?adakah bahasa norwegia dlm buku?ada translatenya?
@utiauthor : orang ketiga dan ya ada beberapa kalimat berbahasa norwegia

@vivicynthia : Sam berasal dari Indonesia, apakah dibuku dijelaskan tentang Indonesia,tempat,makanan?
@utiauthor : ada di bagian pesta dan kantin (spoiler)

@vivicynthia : K Fischer itu nama pena/asli?buku ini selain memuat budaya &tempat,ada makanan khas norwegia?
@utiauthor : dua2nya dan ya di dibuku ada makanan nya juga

@vivicynthia : dibuku ini adakah teman wisata di norwegia yg bisa direkomendasikan buat turis Indonesia?
@utiauthor : banyak, coba dibaca bukunya, banyak lokasi yg saya sebutkan di sana

@vivicynthia : ending buku ini happy/sad?quote dlm buku a/karya kakak/diambil dari buku/quote orang lain?
@utiauthor : spoiler kalau dikasih tahu endingnya. dan.. kenapa harus ambil quote dari buku orang lain???

Proses Mengarang :

@DiddySyaputra : Apa kata pertama yg Ka @utiauthor tuliskan/ketik saat proses kreatif BDL? Knp?
@utiauthor : Nama tokohnya
@DiddySyaputra : Kenapa memilih nama tokoh ditulis lbh dulu, Kak? *dikeplak XD
@utiauthor : Nama itu penting. kalau namanya jadi sariyem dan miing, beda lagi ceritanya kan

@LiebeIs0503 : kak @utiauthor prnh kebingungan buat ngelanjutin naskah gk krna mampet ide gak?
@utiauthor : untungnya belum
@dhegol27 : Pernah tiba-tiba ngeblank gak mba pas lagi nulis?
@utiauthor : thanks god belum pernah. saya masih belum lupa daratan

@dhegol27 : pernah ngalamin cerita yang serem gak mbak pas lagi bikin cerita?
@utiauthor : ngga haha saya nulis romance bukan cerita pembunuhan



@DabelyuPhi selama menulis novel #lindoeya ini, pernahkah mbak @utiauthor mengalami baper? karena apa?
@utiauthor : apa itu baper?
@DabelyuPhi : bawa bawa perasaan mbak.

@utiauthor : maksudnya ikut sedih ikut marah, ya sering, kayak split personality hahaha


@Nadia48nafla : Dulu wkt mbak @utiauthor nulis Belabuh Di Lindoeya pas lg musim apa mbak?
@utiauthor : musim durian, eh salah musim dingin


@Nadia48nafla wah, musim kesukaanku^^ *walaupn blm pernah ngerasain* ada kesulitan tdk mbak?
@utiauthor : untungnya tidak

@aanisanatasya : Naskah tercepat dan terlama mbak apa?

@utiauthor : wah beneran ngga bikin data. setelah lebih dr 10 buku ngga ngeh lg


@aanisanatasya : Apa arti dan pentingnya riset untuk novel mbak?
@utiauthor : penting sekali, tanpa riset, no detail, tanpa detail no logic, tanpa logika no story

@DabelyuPhi butuh waktu berapa lama mbak @utiauthor bikin riset + nulis buku berlabuh di #lindoeya ini?
@utiauthor : riset 6 bulan , nulis 3 bulan. nunggu di penerbit lebih dari 1 tahun


@DabelyuPhi gimana sih mbak @utiauthor cara menyatukan cerita fiksi & hasil riset yg sudah kita buat?
@utiauthor : pernah aku bahas di sini https://www.facebook.com/notes/kusumastuti/mengubah-libur-menjadi-novel/10153476144179083

@aanisanatasya : Mbak menulis novel dengan latar luar negri? Bagaimana Mbak membuat latar tersebut terasa real di pembaca seakan2 kita mengetahui tempat tersebut?



Revisi

@aprlboanarges naskah berlabuh di Lindoeya berapa kali revisi ampe diterbitkan?
@utiauthor : 7x


@RiniCipta : Berlabuh di Lindoeya ini kan mengalami 7x tulis ulang dan cukup lama juga prosesnya, kebanyakan mengenai tentang apa yg direvisi?

@utiauthor : adegan traumanya tidak terlalu brutal dan kelakuan pejabatnya

@TanyaFcsh_  : Jika ada kesempatan revisi novel lindoeya Bagian mana yg mau kk revisi?
@utiauthor : tidak ada. apa yg sudah terjadi, terjadilah hihihihi




Proses Penyuntingan



@LiebeIs0503 kak @utiauthor kenapa ya terkadang di novel terbit masih ada typo bukankah sudah ada editornya utk mmgedit
@utiauthor : wah ini harus ditanyakan ke editornya


@aanisanatasya : Dalam tahap editing pernah ada masalah gak mbak dgn editor mengingat perbedaan waktu jg?
@utiauthor : banyak. bkn waktu tp gaya nulis. terlebih kalau editor tipe diem, no news tahu2 suruh revisi


@VelikaNatalia : Apa kesulitan yg dialami ketika mengatur jalan cerita nya?
@utiauthor : baru dijawab, ketika editor minta rombak susunan adegan


@dust_pain : pgn tau editornya mba @utiauthor nih. namanya sp? mnrut mba pntg g peran editor dlm memoles naskah? 

@utiauthor : nama editor sll ada di buku. penting krn tanpa mereka buku ngga terbit

Proses Penerbitan

@LiebeIs0503 : ada nggak naskah kak @utiauthor yang sampai sekarang nggak diterima oleh penerbit?
@utiauthor : ada! dan parahnya sudah tandatangan kontrak bakal terbit, eh ganti managemen , ngga jadi deh.
@LiebeIs0503 : waw perasaan kak @utiauthor gimana tuh? tapi untungnya nggak nyerah buat nulis ya kak ^^ malah makin termotivasi. kak @utiauthor ada pesan2 buat calon penulis baru gak? biar terus semangat ngak nyerah sebelum bertanding!
@utiauthor : keep writing, keep trying, dreams do come true


@LiebeIs0503 : i do! semangat! 
@utiauthor: kalau bukumu terbit kasih tahu aku ya pasti itu kak! pasti! huah 
@LiebeIs0503 : jadi tambah semangat. semoga cita2ku segera terwujud. Amin

@TanyaFcsh_ : Menunggu novel naik cetak itu lama apa engga?
@utiauthor : Tahunan

@aanisanatasya : Mbak mau minta pendapat mbak dong tentang pajak untuk buku hehehe
@utiauthor : mirissssss. penulis juga pajaknya gede.

@aprlboanarges : Pernah ngalamin naskah ditolak penerbit gk?
@utiauthor : JELAS PERNAH, sudah revisi berkali2 ditolak juga pernah.

@Kimol12 : novel mba ada yg mba tulis pke bhs asing gak? atw cm buat terbit di Indonesia?
@utiauthor : yg Denting Lara bahasa jermannya saya sendiri yg buat.



@aanisanatasya : Mbak kenapa mbak memilih naskah berlabuh di lindoeya mbak diterbitkan oleh Gramedia?

@utiauthor : karena sudah pernah menerbitkan di sana



Peran Quote :


@DiddySyaputra : Sbrp penting peran Quotes dlm sebuah karya menurut Ka2?
@utiauthor : buatku kebalik. karya jd dulu baru cari quotes Kecuali kalau bikin buku kumpulan pantun.
@DiddySyaputra : O, berarti saat cerita utuh, baru Kakak masukkan quotes2nya.
@utiauthor : ini kayaknya salah mengerti deh. quotes itu cuplikan. bukan percakapan lho.
@DiddySyaputra : Sepertinya begitu, Kak :-) Tapi kadang2 dialog jg bisa dijadiin quotes lho. Ah, entahlah :-D
@utiauthor : Tentu dialog bisa jadi quotes, karena quotes itu cuplikan, terserah apa yg dicuplik. pas nulis cerita fokus ke cerita bukan ke quotes.




@DiddySyaputra : Makasih Kak @utiauthor udah jwb pertanyaanku yg mungkin bikin mumet krn ga nyambung XD. Hrp maklum, ndeso.
@utiauthor : lha aku juga tinggal di desa lho.
@DiddySyaputra : Lebih pelosok aku kali Kak :-)

(hihihi...jadi pada ribut :P padahal yang lebih pelosok...aku :))

@nunaalia : Mba Uti, untuk quote-quote menarik yg ada di novel biasanya dapat inspirasi dari mana?
@utiauthor : dari novelnya sendiri


@DiddySyaputra : Cinta itu membinasakan,` Setuju nggak Kak dg ungkapan tsb jika dihubungkan dg keadaan Sam?
@utiauthor : tentu tidak, dia masih hidup kok


@DiddySyaputra : Hihi. Maksudnya keadaan Sam yg memilih menjauh dari masalah di masa lalu? [cont]
Bukankah u/ menyelesaikan masalah kita perlu masuk ke dlm masalah tsb? Bkn malah menjauhinya
@utiauthor : coba dibaca bukunya kalau dibahas di sini jadi spoiler
@DiddySyaputra : Oke, Kak. Sorry ya pertanyaanku bikin spoiler. Efek penasaran nih.
@utiauthor : bertanya tidak dilarang


@vivicynthia : cara membuat quote untuk buku agar sesuai dgn isi cerita?

@utiauthor : ambil bagian yg saya ingin pembaca tahu kenapa hal itu terjadi

Cover


@Bintang_Ach : Krn byk org yg liat buku dr covernya, pentingkah bagus/tidaknya cover buku bagi kk? +alasan.

@utiauthor : penting, pernah aku bahas di sini https://www.facebook.com/notes/kusumastuti/cover-novel-hal-penting-yang-sering-dilewatkan/10152048969684083



Film

@angels_rutherfo Setuju/tidak jika ada pihak yang berencana memfilmkan novel Berlabuh di Lindoya ini? Jika setuju, apa saja syarat-syarat yang harus dipatuhi oleh orang/pihak tersebut dan menurut kakak siapa yang paling cocok memerankan karakter utamanya?
@utiauthor : Setuju, yang kenal PH harap teriakkkk. ceriita & message jgn diubah.

@LiebeIs0503 : #BerlabuhDiLindoya difilmkan! Artis yg cocok jadi Sam siapa menurut ka2k?
@utiauthor : biar pembaca yang menentukan (kalau ada yang kenal PH teriakkk ya)

@vivicynthia : apakah buku ini akan difilmkan?kenapa aku harus punya & baca buku ini?
@utiauthor : kamu wajib baca karena semua yg kamu tanyakan ada semua di novel ini
Sekuel


@angels_rutherfo Sanggup ga kalau banyak yang meminta supaya Kak Uti membuat sekuel dari novel Berlabuh di Lindoya? Kalau sanggup kenapa dan kalau tidak sanggup kenapa?
@utiauthor : tidak. move on, yang sudah berlalu biarlah berlalu

@ruth_shiela : Bisa dibilang penulis Indonesia kan jarang membuat novel berseri seperti penulis luar (contohnya seri Harry Potter). Apakah Mbak Uti punya rencana untuk membuat novel berseri dan genre apa yang akan ditulis?
@utiauthor : pernah mencoba tapi susah dari penerbitnya, maunya 1 jual sudah


Opini

@TanyaFcsh_ : Tertarik menulis novel dgn latar indonesia? Jika iya, ingin pake daerah mana?
@utiauthor : SUDAH Denting Lara sampai masuk Frankfurt book Fair lho



@TanyaFcsh_  : Menurut kk novel yg difilmkan itu bagus atau tidak?
@utiauthor : don't judge book by its movie

@TanyaFcsh_ : Jika kk dapat job buat novel genre korea Kk mau buat?? Hehehe
@utiauthor : tidak :)

@DabelyuPhi : dr semua karakter yg udah mbak @utiauthor bikin, mana yg plg berkesan di hati mbak?
@utiauthor : buanyak, semua anak2 saya

@TanyaFcsh_ : Apa kaka merasa ada yg kurang dgn novel lindoeya yg kk buat?
@utiauthor : ini pembaca aja yang jawab

@aanisanatasya : Karya mbak yg paling spesial menurut mbak apa? Dan kenapa?
@utiauthor : seperti anak, semua karya spesial karena ada cerita di balik proses jadinya


@LiebeIs0503 : sebutkan 3 kata buat Indonesia?
@utiauthor : Cinta Sampai Mati


@aanisanatasya : Mbak, apa yang Mbak rasakan ketika menulis buku anak dan menulis  novel? Mbak lebih enjoy yang mana?

@utiauthor : sama2 funnya. Kalau jenuh anak, nulis dewasa dan sebaliknya. Biar otaknya refreshing.

@VelikaNatalia : Menurut Kak Uti gimana sih perkembangan literasi saat ini di Indonesia?

@utiauthor : masih berkubang di masalah yg sama. Blunder. Penerbitnya mau aman, minat baca lemah

@aanisanatasya : Menurut Mbak bagaimana novel tentang LGBT? Mbak berminat gak untuk menulis novel tersebut?
@utiauthor : mungkin, belum sekarang karena novel bukan hanya tokoh tapi juga jalan ceritanya harus pas

@aanisanatasya : Dari semua novel yang Mbak tulis, menurut Mbak apa yang menguatkan cerita novel Mbak?
@utiauthor : cerita yang tidak biasa & deskripsi lokasi


Minat Baca

@TanyaFcsh_ Apa anak kecil salah baca novel utk genre remaja? Bukankah itu membuatnya lebih suka baca?
@utiauthor : TIDAK ada yang SALAH dalam membaca. Berbahagialah jika anak anda gemar membaca

@nunaalia : Apa pendapat mba Uti tentang pembaca di Indonesia?
@utiauthor : baik baik saja

@aanisanatasya : Mbak menurut mbak bagaimana tentang minat baca anak dan orang Indonesia dgn di Norwegia?
@utiauthor : di indonesia jelas masih sedkit dibanding eropa. kita terbiasa dijejali hapalan ilmu :(

@RiniCipta Sekarang Mbak tinggal di Austria, ya? Bagaimana perkembangan dunia menulis/penerbitan di sana? Penasaran hihi ..

@utiauthor : hebat. minat bacanya tinggi, dari kecil sdh biasa dapat tugas sekolah baca banyak2.

@VelikaNatalia : Gimana cara meningkatkan minat baca pada readers? Sebagai penulis adakah langkah tersendiri?
@utiauthor : sbg penulis cuma bisa menulis the best I can, minat baca harus dari orangnya sendiri.



Genre

@angels_rutherfo : Sejauh ini, kakak paling enjoy menulis genre buku apa dan apa alasannya? 
@utiauthor : semua sama senangnya, karena emang suka nulis


@Bintang_Ach : Mngingat byk novel romance brmnculan, ada tidak niat untuk menulis novel genre lain?

@utiauthor : SUDAH. novel anak dan petualangan.

@vivicynthia buku ini tentang kisah sam dilecehkan,apa boleh dibaca oleh anak remaja krn genre amore/dws?
@utiauthor : Jelas boleh sekali.



Novel Anak

@DabelyuPhi untuk novel anak yg mbak @utiauthor bikin, biasanya dapat sumber referensi dr mana saja?

@utiauthor : dari mana2, kalau bisa kunjungi lokasi ya ke sana


@aanisanatasya : Mbak menurut mbak buku anak yg berkualitas kayak gmn sih?
@utiauthor : yg tidak membodohi pembacanya, tidak copas dr buku yang lg trend, tidak dipelintir ceritanya

@aprlboanarges : Tidak banyak penulis yg menulis dunia anak2. mbak Uti ada alasan khusus nulis buat anak2?
@utiauthor : ingin memperkaya bacaan anak indonesia dan meningkatkan minat baca mereka.


@LiebeIs0503 awal tertarik buat buku anak kenapa ya?

@utiauthor : karena punya anak dan melihat buku anak yg berkualitas masih jarang.


@aprlboanarges : Susahan mana menulis fiksi/ buku untuk anak?

@utiauthor : buku anak. kalimatnya harus pendek tapi logikanya tetap serius.


Respons


@LiebeIs0503 : perasaan kak @utiauthor pas baca review pembaca itu gimana sih?
@utiauthor : mix, happy kalau nangkep pesannya, bingung kalau dibilang jelek tp tidak dijelaskan jeleknya.
@LiebeIs0503 : ah iya tuh betul sering baca review yg gitu. sanking bingungnya ngak jadi suka sama bukunya. parah ya aku.
@utiauthor : kalau jelas komplennya dimana aku sih malah senang. kalau cuma "Bukunya jelek" lha? jelek dimana?
@LiebeIs0503 : iyap betul kak @utiauthor. lagipula penilaian orang sbenarnya kan memang beda2. tapi harus jelas aja sebab akibat suka gaknya?

@TanyaFcsh_ Apa respon kk jika ada yg menganggap novel karya kk jelek?
@utiauthor : jadikan masukan. (masa mau marah2? nangis seharian hahaha)


@Kimol12 : Gmn respon org dsna ttg mba seorg penulis dr Indonesia?

@utiauthor : heran karena jarang yang tahu, mereka tahunya aku insinyur mesin, atau ibu rumah tangga

@aanisanatasya : Menurut mbak bagaimana dgn penulis yang membalas kritikan pembacanya dengan arogan?

@utiauthor : tiap orang beda, tidak bisa mengomentari kelakuan org lain karena saya bukan mereka

Blogtours 



@DEENAmond : Till right now, you’ve holding 7 blogtours from 7 bloggers. Can you tell me the fun of holding this kind of promoting your book?
@utiauthor : I can reach much more readers with them (instead of I do the promotion by myself)

@dust_pain utk promosi novel, mba @utiauthor dibantu g sm pihak publisher? atau usaha sendiri aja?
@utiauthor : yang terakhir


Rencana 

@LiebeIs0503 : kak @utiauthor kalau nanti buat novel setting di Indonesia mau bahas kota apa? kenapa?
@utiauthor : yang udah pernah 3x itu jakarta dan sekitarnya (istilahnya jabodetabek ya?) krn kenalnya itu

@aprlboanarges : Punya keinginan gk bikin roadshow temu penulis di Jkt?
@utiauthor  : one day why not


@LiebeIs0503 : ada rencana buat pulang dan ketemu penggemar kak di Indonesia ngak?
@utiauthor : one day ya.



@VelikaNatalia : adakah rencana baru mewarnai dunia literasi?
@utiauthor : nothing new, keep writing, keep trying. yg nentuin terbit tidaknya penerbit soalnya
@Kimol12 : Ada ga tmpt khusus yg pengen mbak uti jdikan set novel? 
@utiauthor : banyakkkk

Target


@angels_rutherfo Punya target ga sih kak, dalam setahun harus menulis berapa buku? Lalu kapan biasanya kakak merasa enjoy saat menulis, apakah malam hari, siang hari, atau di hari libur? 
@utiauthor : nulis kapan aja bisa, waktunya yang suka ngga ada. wish nya 1 buku per tahun, kalau lebih itu bonus, kalau kurang ya nasib haha


Ambisi

@VelikaNatalia : Sebagai penulis apa ambisi Kak Uti ke depannya?

@utiauthor : lebih banyak lg bukunya, lebih banyak lg yg baca. minat baca anak indonesia meningkat

@aprlboanarges : adakah cita2 mbak yg blm tercapai dalam dunia tulis menulis?
@utiauthor : banyak. masih banyak tema yang belum diulas, terutama di buku anak.


Next Project

@Kimol12 : Udah kepikiran g mbak next project selanjutnya apa?
@utiauthor : sudah lagi diketik


@vivicynthia : ada novel Karya kakak yg dikirim ke Penerbit luar negeri?project buku selanjutnya?sukses kak ^_^

@utiauthor : terimakasih. takut jinx belum bisa ngasih keterangan


Tips Mengarang


@Kimol12 : Mbak, gmn ya bisa lancar nulis pake pov.3? Saya selalu kesusahan jk pake pov.3
@utiauthor : anggap kamu dalang yang lagi cerita ke orang lain


@Nadia48nafla  : Apa tips&trik dari Mbak Uti bagi para penulis baru yg sering keteteran saat menghadapi deadline?
@utiauthor : asah dan poles detailnya



@LiebeIs0503 : menurut kak @utiauthor bagus novel penuh dialog atau deskripsi atau narasi gitu?
@utiauthor : gabung dua2nya


@LiebeIs0503 : kak @utiauthor cara mengembangkan karakter tokoh novel gimana ya?
@utiauthor : bikin karakter list. fisiknya kayak apa kelakuan kayak apa dst



@VelikaNatalia : Gimana menggambarkan perasaan karakter dalam cerita?
@utiauthor : dengan masuk ke karakter itu. kalau ada kejadian ini dia bakal apa

@aprlboanarges : Kasih tips dong buat pembaca yg suka ngalamin writer's block dan reading block.
@utiauthor : bikin proyek lain dulu, balik lagi. istilah kerennya productive procrastination

@LiebeIs0503 : Kak @utiauthor ada tips ngak buat novel fantasi itu terlihat nyata?
@utiauthor : detail dan logika nyambung

@LiebeIs0503 kak @utiauthor biar naskah diterima penerbit ada tips tertentu ngak?
@utiauthor : kirim naskah sesuai penerbitnya dan beli kumpulan sabar. jawaban bisa setahun sesudahnya

@Nadia48nafla : mbak @utiauthor caranya membuat klimaks. cerita yang bikin pembaca itu terkaget-kaget ^^ gmn? 
@utiauthor : dgn menjawab semua masalah dan pertanyaan yg ada sebelumnya


@Bintang_Ach : Kalau mau bikin set luar negri, apa bs, jika kita bljr dr buku/denger dr org aja?+alasan 
@utiauthor : bisa jika kita memperhatikan detail yang unik. bukan copas wikipedia.
@VelikaNatalia : Apa tips2 yang bisa digunakan penulis muda untuk mengembangkan sayapnya di dunia literasi, Kak? 
@utiauthor : keep writing, keep trying. Muda Tua sama saja, yang penting kerja #eh tetap semangat!

Komentar

Popular Posting