Current Giveaway 5-12 May 2017

Review Intertwine : Jalinan Cinta Fairy Bridal by FLOCK



My rating : 4 bintang (skala 5)

Judul : Intertwine
Penulis : FLOCK (Fei, Lia Indra Andriana, Orizuka, Clara Canceriana, KP Januwarsi)
Penerbit : Haru
Terbitan : Maret 2015
Jumlah halaman : 420 halaman
ISBN : 978-602-7742-49-9

Sinopsis :
Madam M yang misterius berusaha membuat keajaiban pada gadis-gadis yang datang ke Fairy Bridal miliknya dengan gaun rancangannya yang cantik. Lima gadis. Lima kepribadian. Lima kisah cinta!



Novel Intertwine merupakan novel yang unik karena terdiri atas 5 cerita yang dikarang oleh pengarang yang berbeda, tapi sesuai dengan makna judulnya, Intertwine yang berarti terjalin, kelima kisah cinta ini dihubungkan oleh sebuah toko bridal =)
The Right One – Orizuka
Premonition – Fei
Princess Emma – Lia Indra Andriana
Perfection – Clara Canceriana
Looking Through Rose-Tinted Memory – KP Januwarsi

Kelima pengarang menampilkan kesan yang berbeda, tapi harmonis dalam satu novel.

The Right One menampilkan kisah cinta Jihan, seorang penerjemah yang bercita-cita untuk menikah muda. Kisah cintanya manis, tak terduga, agak dramatis, dan cukup humoris ^.^

Premonition menampilkan kisah cinta agen detektif swasta Naomi yang mengikuti kata hatinya untuk bertindak di luar logika demi cintanya yang terpendam!

Princess Emma menampilkan kisah dongeng Princess Emma dan Putera Raja yang menjadi kenyataan …

Perfection merupakan sicklit. Kisah cinta Ralyn yang berharap pernikahannya akan sempurna.

Dan kunci kemisteriusan Madam M dan Fairy Bridal terletak pada kisah cinta terakhir …
Looking Through Rose-Tinted Memory yang mengisahkan sisi mistis dan kekelaman dari Fairy Bridal. Rahasia terbesar dan tergelap …

Penokohannya menarik :

Meredith alias Madam M, pemilik Fairy Bridal yang berkarakter misterius, ramah, tegas, dan sopan.

Jihan Divanavisha (Jihan), penerjemah sekaligus asisten pribadi pemilik perusahaan rambut palsu yang berkarakter polos dan spontan. Tipe imut-imut.

Naomi, agen detektif swasta yang berkarakter ceroboh, ceplas-ceplos, dan polos.

Emma, freelance illustrator yang berkarakter tertutup dan pemimpi. Ia tipe Princess yang merindukan Prince Charming!

Ralyn, model cantik yang berkarakter sensitif dan emosional.

Nina Elle Enoch (Nina), desainer bridal yang berkarakter tertutup dan misterius. 

Kelima pengarang menciptakan kepribadian Madam M yang misterius dengan baik sekali sehingga terasa karakter Madam M dalam lima kisah cinta tersebut merupakan satu tokoh yang sama, yang merupakan tokoh sentral dalam novel ini. 

Ide kisah ini seperti terinspirasi dari dongeng Cinderella.
Madam M sebagai Ibu Peri yang menyihir lima Cinderella menjadi cantik dan anggun ketika memakai gaun rancangannya ^.^

Quote kalimat  yang aku suka :
-Mereka bilang, kesabaran adalah kebaikan.
-Kadang memang hanya dibutuhkan sebuah pemicu dan waktu yang tepat untuk akhirnya mendapatkan sesuatu yang tepat.
-Apa yang harus saya lakukan untuk membuat Tuan Puteri jatuh cinta pada saya? 
-Jika berhasil menemukan gaun yang disukai, maka gaun itu juga yang telah memilih kamu. Selama dengan sepenuh hati mencarinya. 
-Cinta sejati itu omong kosong! 
-Aku ingin melihat para calon pengantin tersenyum bahagia di hari paling spesial dalam hidup mereka saat menggunakan gaun rancanganku. 

Novel ini wajib dibaca para pecinta genre romance karena kelima kisah cintanya romantis banget dengan nuansa yang berbeda-beda.  =)



Sulit sekali menemukan kekurangan dalam novel ini, tapi aku akan memberikan opini pribadiku (atas desakan para commenters. Trims banyak masukannya ya ^.^)

The Right One merupakan kisah yang dramatis dan mungkin sulit dijumpai dalam kehidupan nyata. Bahwa suatu kebetulan bisa membawa kebahagiaan. Terkesan agak tidak real. Tapi, aku paling menyukai kisahnya karena gaya bahasa Orizuka menarik dan cukup humoris =)

Premonition, mungkin akan lebih menarik jika cinta terpendam Naomi terungkap di akhir cerita agar pembaca lebih penasaran.

Princess Emma, kisah fantasi yang agak mudah ditebak alurnya, tapi cukup menghibur. Akan lebih menarik jika Sang Pangeran lebih keras kepala mempertahankan cinta pada Princess Emma, misalnya menantang duel.

Perfection, tokoh utamanya, Ralyn akan lebih menarik jika bersikap lebih tegar.
Tidak seperti Ralyn yang terbuka akan penyakitnya, menurut kenyataannya penderita kanker selalu cenderung senang menyembunyikan penyakitnya dan berpura-pura mereka sehat.

Looking Through Rose-Tinted Memory . Aku tidak bisa bilang ini suatu kelemahan. Mungkin ini kelemahan jika pembaca yang telah membaca 4 cerpen sebelumnya mengharapkan kisah yang manis pada cerpen terakhir novel ini.Mereka akan terkejut suasana manis berubah menjadi mistis dengan tiba-tiba. Tapi, menurutku ini merupakan suatu twist, perubahan suasana yang baik. Karakter Madam X yang misterius terungkap dalam cerpen terakhir ini menjadi lebih berkesan manusiawi =)

Komentar

  1. Madam M mengingatkan saya pada dokter Kartini di film 7 Hati 7 Cinta 7 Wanita. penyusunan cerita di novel ini mirip dengan film itu, tapi topik ceritanya tentu berbeda. saya nggak tahu persis bagaimana peran langsung seorang Madam M di buku ini karena saya kan belum baca, hehe. melihat nama-nama pengarang yang tertera di buku ini, tak heran jika sampai ada yang memberi 5 bintang. aku harap isi ceritanya sama memuaskannya dengan film kesukaanku itu. :)

    untuk review-nya, ulasannya belum terlalu dalam. aku nggak tahu ini cocoknya disebut review atau 'cuplikan' isi buku, soalnya kamu nggak nyantumin hal-hal ini itu sebagai bahan koreksi, atau mungkin bukunya sudah cukup sempurna sehingga nggak ada lagi yang harus diberi stabilo kuning. :D
    by the way, thanks sudah menampilkan beberapa gaun cantik di atas. apakah gaun-gaun seperti ini yang dibuat oleh Madam M? classic but still like it. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kekurangannya novelnya sebenarnya bisa dikatakan tidak ada, tergantung selera sendiri sih atas alur cerita =)

      Hapus
  2. Aku suka review yang kakak buat, karna membahas tentang madam M sang pemilik bridal (dari beberapa review yang ku baca gak ada yang nyantumin madam M^^) dan dicantumin gambar gaun pernikahan, jadi pembahasannya gak terkesan terlalu kosong
    Kalo untuk novelnya, jujur awalnya aku gak tertarik karna covernya kurang eyes catching (gak seperti 'wind leading to love' atau 'love with a witch' yang terbit pada bulan yang sama) tapi setelah baca beberapa review tentang novel ini, malah jadi penasaran sama jalan ceritanya, sebuah bridal misterius yang menghubungkan 5 wanita dengan kisah cintanya masing masing

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims =) smoga kamu suka novelnya ya ^.^

      Hapus
  3. Dari review diatas jadi penasaran sama lanjutan kisahnya.
    -Nina Elle Enoch (Nina), desainer bridal yang berkarakter tertutup dan misterius, semisterius apa dia?.
    -Naomi, agen detektif swasta yang berkarakter ceroboh, ceplas-ceplos, dan polos, yang ini malah bikin penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nina Elle semisterius yang bikin review..hehehe ^.^

      Hapus
  4. Uh-oh....
    Saya memang sudah tau sih kalau ini adalah kisah 5 wanita yang asing satu sama lain dan terhubung oleh wedding dress. Namun setelah membaca review ini--beserta foto-foto yang Kakak sertakan--saya jadi merasa bahwa novel ini semacam cerita fantasi masa kini--dan saya setuju Madam M sebagai perinya :)

    Terima kasih sudah menuliskan cuplikan 5 cerita yang dimuat dalam buku ini. Meski rasanya saya memang harus setuju dengan komentar sebelumnya bahwa Kakak tidak begitu menuliskan pendapat Kakak. Mungkin Kakak bisa menambahkan kelebihan atau kekurangan bukunya yang sudah Kakak temukan selama membaca. But afterall, saya menikmati review Kakak :) membuat saya makin penasaran sama bukunya!!!

    Uhukk~ wish me luck, semoga saya salah satu yang beruntung mendapatkan bukunya :) amiiiin~~

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku tidak menuliskan kelebihan secara tersurat, tapi tersirat. aku tidak bisa menampilkan kekurangannya karena aku membahas secara keseluruhan novel,bukan satu per satu cerpen =) wish your luck ^.^

      Hapus
  5. keren!
    jadi pengen banget dapat bukunya:)
    hehe

    BalasHapus
  6. Apa benar ya kalau gaun bisa memilih si pemakainya? itu berati gaun dibuat dengan sepenuh hati dan si penjahitnya tanpa sadar udah menyisipkan ruh kedalam gaun itu. hohoho ,, mistis sekali.'
    Tapi aku kagum sama FLOCK yang sudah kerja sama membuat novel ini dengan menggabung kisah rekaan mereka. krn semua itu gak mudah.

    NOVEL iniemang unik dari segi temanya. kira-kira tokoh pria do novel ini sama kecenya gak ya dg tokoh cewek" nya? hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. masing2 tokoh pria juga karakternya berbeda =)

      Hapus
  7. Aku sependapat dgn pereview yg nganggap ini cerita seperti Cinderella. Aku juga mikirnya gitu, bedanya kalo di Cinderella satu wanita saja, kalo di Intertwine lima wanita !!

    Dua hal sih yang bikin aku penasaran. Bentukan gaun untuk kelima gadis itu seperti apa ? Lalu, gimana juga bentukan para pria yang mendampingi para wanita ini ^_^))"> Oh iya, dress bridal pict yang ditampilkan keren banget ^_^))

    BalasHapus
    Balasan
    1. gaunnya kebanyakan A-line dengan detil floral ^.^

      Hapus
  8. Menurut penilaian aku mungkin tidak akan jauh berbeda dari review ini, meskipun aku belum membacanya(makanya pingin bgt dapet GA ini) di lihat dari quotes dan penggambaran kamu tentang Madam M sepertinya novel ini memang recommended buat pecinta novel romance. Begitu juga dengan gambar yg mengilustrasikan kelima tokohnya mereka seperti tuan puteri (cinderella) di alam nyata, aku penasaran ingin tahu tentang gaun yg diceritakan memiliki kesan mistis, wah jadi menurutku wajar jika novel ini di beri 4 bintang! Dan membuatku sudah tidak sabar ingin membacanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, ini cocok buat yang suka cerita romantis dan feminin =)

      Hapus
  9. Tentang review ini bisa dikatakan memang jalan ceritanya beda daripada yang lain, setiap kisah menunjukkan sisi unik yang berbeda-beda dan tentunya sangat layak untuk dibaca. Kamu juga menambah aksen gambar pada review yg kamu buat, jadi terlihat sangat menarik untuk dibaca sampai bawah :D.
    Namun, saya menyayangkan jika reviewnya kurang mendetail, diatas hanya dipaparkan bagaimana watak-watak tokoh bukan isi ringkasan jalan cerita. Dan juga, kalaupun mencuplik beberapa quotes favorit, alangkah baiknya dicantumkan halaman berapa quotes itu didapatkan. Tapi, berhubung kakak telah membuat review dari hasil jentikan jarimu, bisa dikategorikan oke. Terimakasih telah membuat saya mengerti ttg novel ini kak:)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih masukannya =) karena aku suka sekali menganalisis karakter, menurutku karakterlah yang memegang peranan sangat penting untuk menghidupkan suatu cerita.
      masalah no halaman...hehehe ..jadi ketauan sifatku yang malas ..maksudnya sih nanti kalau baca novel, biar cari sendiri kutipannya :)

      Hapus
  10. Nama: Dian Maya
    Email: dianamayasariazis@gmail.com
    Twitter: @dianbookshelf
    Link share: https://twitter.com/dianbookshelf/status/586412325059465216

    Buat cewek-cewek yang bentar lagi akan menikah dan sedang sibuk-sibuknya mengurusi tetek bengek pernikahan. Sebelum memutuskan memilih gaun pengantin, sepertinya wajib membaca novel ini terlebih dahulu. :)

    BalasHapus
  11. waaaww menarik banget karyanya Madam M di tiap sentuhan gaun pernikahan ke-5 wanita cantik ituuu :3 jadi penasaran! >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. ya, waktu dapat novel ini untuk direview aku juga senang bgt =)

      Hapus
  12. Wah ini udah ada di wishlist saat pertama tahu kalau ada novela kolaborasi dari penulis-penulis kece >,< dan setelah baca review ini, saya menambah poin untuk membaca Interwine, berarti para penulis Interwine sangat mahir menyusun karakter Madam M, ya? karena mungkin kalau ada perbedaan watak Madam M dalam cerita, pasti ceritanya akn sedikit kacau. Dan Cinderella? duh jadi penasaran baca Interwine >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, itu sisi yg paling sulit, membuat satu karakter yang sama dalam 5 kisah yang berbeda =)

      Hapus
  13. Makin penasaran sama keseluruhan isi cerita. Apalagi tentang Madam M dan juga Fairy Bridal serta sisi mistis dan kekelaman dari Fairy Bridal. Jadi kerasa kayak novel horror gitu ya! Apalagi tercantum kata ‘mistis’ yang membuat otak saya langsung berpikir tentang semacam kisah horror. Review-nya yang memang dibuat nggak spoiler ini semakin menambah keinginan saya untuk memilikinya dan segera membaca, tentunya. Terlepas dari kebingungan saya karena tidak adanya pemberian poin negative dan positifnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...point positifnya terletak pada karakter. Point negatifnya sebenarnya tidak ada, tergantung selera masing-masing =)

      Hapus
  14. Baca review intertwine itu bikin kesel, jadi makin tertarik bacanya kaan >.<
    Misterius? Jadi ini intinya ada cerita misteriusnya juga ya? ._. Aku tertarik baca The Right One, Premonition dan Perfection, kayanya seruu >.< ga tau kenapa aku berambisi banget sama novel yang satu ini uuh☹ semoga aja menang giveaway nya, amiin O:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. cerita misterius di bab akhir. Amin =)

      Hapus
  15. Ada lima karya dalam satu novel dengan lima penulis berbeda, kayaknya novel ini bakal seru banget. Dengan gaun pengantin dan Madam M sebagai "sentral" cerita, dikemas dengan lima kisah berbeda, ah... jadi pengen baca :D

    BalasHapus
  16. Goodjob kak, reviewnya berhasil bikin melting dan pengen baca novel ini sesegera mungkin.
    Intertwine adalah hasil rancangan 5org penulis kece yang mengemas kisah tentang pernikahan dalam genre-genre yang berbeda dan gak biasa .
    Fei: act-rom , Lia: Fan-rom, Orizuka: rom-com, Clara: drama, dan KP: thriller-romance.
    Rasanya aku gak sabar untuk segera hanyut dalam cerita novelnya, bener-bener unik.dan aku penasaran sama genre dr KP yang thriller-rom kayaknya menatang dan bikin deg-degan sama kisahnya. Kalo kakak suka yang mana?

    Anyway, hope that I could got this novel from your quiz, kak. Aamiin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku paling suka gaya Orizuka karena manis dan hangat (dan selalu ada unsur humornya), walaupun dramatis dan kayaknya sulit menemukan kebetulan seperti itu di dunia nyata =)

      Hapus
  17. 5 penulis dalam 1 novel itu kece banget terlebih tokoh sentral Madam M disini terkesan misterius. Setiap cerita pasti mempunyai ruh sendiri sampai-sampai memberi bintang 4 pada skala 5. Namun untuk reviewnya kurang dibahas lebih mendalam. Meski gitu tetep membuat aku penasaran dengan isi cerita lengkapnya dan aku suka dengan foto-foto gaunnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang sengaja ga mendalam, soalnya ini novel terdiri dari 5 cerpen pendek =) aku sengaja membiarkan hawa penasarannya mengawang-awang :P

      Hapus
  18. 5 penulis hebat indonesia menulis 1 novel dan itu terlampaui kece. Saya menyukai penggabaran tokoh Madam M disini terkesan misterius. Setiap kisah memiliki khas sendiri-sendiri namun tetap berkesinambungan.

    BalasHapus
  19. kover bukunya manis dan lembut, jadi kepengen tidur ngeliatnya.
    Oh ya, saya usul, mungkin pembahasan bukunya agak didalemin lagi, kesan kakak terhadap novel ini juga kurang, mungkin ditambah beberapa komentar/ ketidak setujuan tentang novel ini (walaupun ngga penting) juga boleh suapaya review ini lebih berbobot tapi tetap tidak spoiler. Yah, buat saya pribadi mah no problem. eh maap lho kak sayanya cerewet :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga apa2 =) nanti aku update. trims ^.^

      Hapus
  20. WOW,,, thank you sekali buat review-nya.... Kayaknya novel ini komplit,, ada detektif, ada pegawai asisten, ada yang freelance ada yang desainer... Sepertinya menyenangkan membaca novel dengan berbagai tokoh dan latar belakang... jadi semakin pengen baca novelnya... Ditambah dengan spoiler sisi mistis dan kegelapan dari Madame M, ya ampuunnn... Kira-kira apa yah...?
    btw,, foto-fotonya,,, suka modelnya, suka gaunnya, suka pemandangannya, suka efeknya... keren....

    BalasHapus
    Balasan
    1. pokoknya mistis deh...kalo diceritain nanti ga seru. gaunnya keren kan? ayo kita order..wkwkwk =)

      Hapus
  21. Keren riview ny, dari apa yang aku tangkap, novel ini menceritakan tentang 5 kisah cinta dari 5 orang yang berbeda, dan yang bikin menarik adalah bagaimana cara mereka untuk menyikapi kisah mereka, karena kepribadian mereka itu beda-beda, menarik dan bikin penasaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, benar, 5 kepribadian tokoh utama cewek, tapi 1 kepribadian Madam X .trims dah baca reviewnya =)

      Hapus

Posting Komentar

Popular Posting