Current Giveaway 5-12 May 2017

Review Tiga Cara Mencinta karangan Irene Dyah Respati

























Judul                                :               Tiga Cara Mencinta
Pengarang                        :               Irene Dyah Respati
Penerbit                           :               PT Gramedia Pustaka Utama
Terbit                               :               Juli 2014
Jumlah halaman               :               186 halaman
Harga                               :               Rp 48.000,00

Aliyah : Gue hamil, Jeng … dan kayaknya bukan anak Takuma.
Ajeng : Menurut gue sih Takuma nggak akan nyadar kalau itu bukan anaknya.
Miyu : Kecuali nanti, setelah bayinya lahir, ternyata golongan darahnya beda dengan kamu dan Takuma-san.
Ajeng : Atau suatu saat perlu uji DNA
Miyu : Atau … bayinya lahir berambut pirang L

Novel ini mengisahkan cara mencinta ketiga wanita yang berbeda budaya dan karakter. Tapi, mereka bertiga bersahabat =)

Aliyah                   
Terus terang aku kurang suka dengan karakter Aliyah. Dia bawel, ga berkaca pada dirinya sendiri, semau gue. Pokoknya nyebelin banget!!! Salut deh sama pengarangnya yang bisa bikin tokoh Aliyah nyebelinnya benar-benar real. Aliyah sebenarnya baik. Ia tipe wanita karir zaman sekarang yang lebih suka bekerja di kantor daripada mengurus rumah tangga. Ia tipe wanita yang lecek di dalam rumah, tapi cantik di luar rumah. Ia ingin Takuma, suaminya menjadi  mualaf yang relijius. Tapi, ia nakal. Ia selingkuh sampai hamil. Ajeng dan Miyu pun ikut repot memikirkan solusinya. Pilihannya hanya dua. Digugurkan? Atau mengaku pada Takuma? Padahal Aliyah masih mencintai suaminya yang ganteng dan tajir.
Menurutku Aliyah tipe wanita yang manja dan agak liar. Suaminya cuek, dia malah langsung serong O.o

Ajeng
Gadis metropolis, cantik, lajang, bebas, wanita karir. Karakternya ceplas-ceplos. Ia tidak ingin menikah.
Yang unik, gaya bahasanya Betawi abis…padahal Ajeng asli  Jawa lho …

Miyu Hasegawa
Miyu tokoh favoritku. Dia asli Jepang. Ajaibnya, Miyu benar-benar seperti Puteri Solo, bahkan ia pandai menari tarian Jawa. Ia sopan, tenang, lembut. Tapi, sebenarnya tidak heran sih. Karena karakteristik wanita dan pria Jepang agak berbeda. Jika gaya bahasa pria Jepang lantang dan keras, gaya bahasa wanita Jepang biasanya halus dan lembut (kayak di anime deh =)) Menandakan kedudukan pria Jepang yang lebih dominan. Makanya, karakteristik Miyu feminin banget. Tapi, tetap ada sisi liarnya ya … Miyu diam-diam mencintai pria terlarang, alias sudah menikah (benar juga kata pepatah ya, apapun yang terlarang, rasanya akan lebih nikmat karena menggoda..seperti godaan apel Eve…seperti makan baso pake sambal saat sakit typus…godaannya 1000%).

Pengarang rupanya ingin menampilkan masalah cultural shock! Dimana Aliyah, Ajeng, dan Miyu terpengaruh budaya dan lingkungan dimana mereka tinggal.

Aku suka penyajian ceritanya yang ringan. Bahkan masalah rumah tangga Aliyah pun disajikan dengan agak kocak =) Aliyah plinplan sih. Sudah tau suaminya Jepang tulen, Aliyah sendiri Indo tulen, malah selingkuh sama Bule tulen :P Selingkuhnya tidak logis, hanya berdasarkan hati …alias tidak professional ..hahaha =)

Latar ceritanya menarik. Tiga negara, yaitu Thailand, Jepang, dan Indonesia. Lumayan nambah pengetahuan budaya. Aku jadi mengenal Festival Loy Krathong di Thailand. Rasanya ingin meluncurkan krathong ... Harapanku? Rahasia dong :P

Pengarangnya bisa menyajikan karakter berbagai bangsa dengan real berkat pengalamannya sebagai ekspatriat. Misalnya bangsa bule yang beranggapan like itu suka … like coffee, like ice cream, dll. Perbedaan pengertian kalau di Indonesia kan suka berarti cenderung ke cinta. Makanya, ga boleh GR dulu kalo ada bule bermata biru bilang …I like you!!!

Congrats! Ga ada typo sama sekali!

Yang aku kurang suka dari novel ini.Judulnya kan Tiga Cara Mencinta. Tapi, kenapa lebih fokus ke Aliyah? Padahal favoritku kan Miyu T.T Kisah cinta Miyu dan Ajeng pun terkesan gantung kayak lagunya Melly Goeslaw! (firasatku bakal ada lanjutannya nih…)


Makasih banyak pada sang pengarang (@aikarin) yang memberiku giveaway novel berttd ini =) Novelnya menarik dan inspiratif, aku kasih 3.5 bintang (skala 5) ^.^


Komentar

Popular Posting