Current Giveaway 5-12 May 2017

Review Fantastic Fatin Ini Baru Permulaan karangan Sundari Mardjuki






















Judul novel               :           Fantastic Fatin Ini Baru Permulaan!
Pengarang               :           Sundari Mardjuki
Penerbit                   :           Gramedia
Terbit                        :           Desember 2013
Jumlah halaman      :           160 halaman
Harga                       :           Rp 50.000,00

Buku biografi tentang Fatin, sang juara X Factor Indonesia ini ditampilkan menarik dan tidak monoton, seperti Fatin sedang curhat dan menulis diary pribadinya. Celotehannya yang khas dan gamblang menggambarkan dunia remaja yang ceria dan berwarna pelangi.  Menyuarakan kecintaan seorang Fatin pada dunia musik. Sepenggal kisah perjalanan Fatin yang awalnya merasa cupu menjelma menjadi seekor kupu-kupu yang cantik dan percaya diri.

Sundari Mardjuki berhasil membawa pembaca menjadi Fatinistic, berbaur dalam Dunia Fatin, dunia anak muda berumur 17 tahun yang berani bermimpi besar, berani memperjuangkannya, dan berhasil sukses meraih mimpi tersebut! Saat malam menegangkan penentuan pemenang X Factor Indonesia, Fatin malah berdoa dalam hati.

“Ya Allah, aku nggak mau semua ini berakhir. Tidak usah Engkau tunjuk siapa yang jadi juara malam ini. Biarkanlah aku terus menikmati episode demi episode di X Factor Indonesia ini. Karena di sinilah aku mendapatkan ilmu dari orang-orang hebat. Pleease, Tuhan …”

Tapi malam itu Tuhan berkehendak lain. Dan pemenang X Factor Indonesia adalah Fatin Shidqia Lubis! Ia menyanyikan lagu kemenangan yang berjudul Aku Memilih Setia masih dengan perasaan tak percaya ia berhasil menang walaupun ia minim pengalaman bernyanyi.

Banyak hal-hal pribadi tentang Fatin yang baru terungkap dalam novel ini. Alasan Fatin ikut kontes bernyanyi untuk pertama kalinya karena X Factor merupakan acara kontes yang gokil banget yang sudah sukses di lebih 40 negara. Banyak yang berpendapat X Factor pada diri Fatin ialah suaranya yang unik dan hijabnya.

Sundari Mardjuki piawai dalam memilih kata-kata yang mengekspresikan pribadi Fatin yang tak pernah putus asa ketika menghadapi kesulitan-kesulitan saat mengikuti kontes X Factor. Perasaan Fatin pun terekspresikan dengan baik, seperti rasa senang ketika lolos audisi sampai menjadi juara X Factor Indonesia,  rasa sedih ketika Fatin dibully haters di social media, ataupun rasa terharu Fatin ketika Paula Abdul berkata “I adore you”.

Terungkap kedekatan Fatin dengan mentor-mentor X Factor yang asyik, tim pelatih bernyanyi dan koreografi, tim RCTI, dan tentu saja teman-teman baru Fatin, sesama peserta X Factor Indonesia.

Pembaca bisa menikmati foto-foto menarik koleksi pribadi Fatin semasa ia masih kecil hingga beranjak remaja, dan foto-foto aksi panggung X Factor Indonesia.

Novel ini banyak mengutip kalimat-kalimat Fatin yang positif.
·         Berusaha dan berdoa merupakan dua hal yang kuyakini bisa menuntunku meraih hal yang maksimal.
·         Setiap orang pasti punya jiwa geek dalam dirinya meskipun ada yang pintar menutupinya agar kelihatan cool. Kita nggak bisa mengingkarinya. Mengembangkan bakat yang ada dalam diri kita adalah salah satu cara untuk jadi pede dan tidak merasa jadi geek.
·         Dan masih banyak lagi.


Fatin berpendapat mengunduh lagu secara ilegal sama saja tidak menghargai kerja orang lain yang susah payah menghasilkan karya karena memerlukan waktu yang panjang untuk membuah sebuah lagu.

Beranilah bermimpi besar dan perjuangkan mimpi itu sampai menjadi kenyataan. Jangan menjudge seorang siswa yang prestasinya biasa-biasa saja di sekolah ialah siswa yang tak istimewa karena setiap siswa merupakan pribadi unik yang mempunyai potensi dan bakat istimewa yang harus didukung dan dikembangkan. 

Novel ini sangat baik  untuk dimiliki dan dibaca oleh semua kalangan karena memberikan nilai-nilai positif yang memotivasi. Bahkan wajib dibaca oleh anak remaja, orang tua, dan guru-guru sekolah untuk mengubah pola pikir yang lazim selama ini. Masyarakat agak terlalu terdoktrin nilai sekolah. Padahal  hidup itu bukan hanya teori, Hidup ialah kisah para pejuang mimpi dan sekolah ialah salah satu sarana pendukung untuk mendidik siswa. Banyak sekali jalan untuk meraih kesuksesan seperti yang telah dibuktikan oleh Fatin. Dan ini baru permulaan dalam kisah Fatin meraih mimpi …

Dengan membeli buku ini, kita turut menyumbang karena sebagian royalti penulis dari hasil penjualan buku akan disumbangkan untuk Komunitas Belajar Cendekia Mandiri yang memberikan pendidikan dan pelatihan gratis untuk anak-anak putus sekolah di lereng Gunung Sumbing, Kabupaten Temanggung. Mari bantu mereka meraih mimpi dan raihlah mimpimu =) Karena ini baru permulaan dari kisahmu sendiri…

Komentar

Popular Posting