Review The After Dinner Mysteries karangan Higashigawa Tokuya

























My rating : 4 bintang (skala 5)

Judul : The After Dinner Mysteries
Pengarang : Higashigawa Tokuya
Penerjemah : Khairun Nisak
Penerbit : Haru
Terbit : Februari 2014
Jumlah halaman : 284 halaman

Sinopsis :
Hosho Reiko ialah seorang detektif polisi wanita muda yang cantik dan berkedudukan di Kantor Kepolisian Kunitachi, wilayah Tokyo, prefektur Tama. Ia membenci sebutan nona. Sebenarnya Reiko merupakan ‘tuan putri’ karena ia seorang  putri tunggal pemilik Hosho Group, Hosho Seitarou yang kaya raya. Tapi, ia selalu berusaha menjaga identitasnya di kalangan kepolisian.
Reiko menangani berbagai kasus kejahatan dengan bantuan Kageyama, pelayan tampan yang pintar, tapi berlidah tajam.

 “Maaf, Tuan Putri … Kalau Anda tidak tahu kebenaran kasus sepele seperti ini, apakah Tuan Putri sebenarnya bego?”

“Jangan-jangan mata Tuan Putri sebenarnya hanya lubang tak berguna?”

Kageyama dapat menganalisis kasus-kasus kejahatan yang rumit hanya dengan mendengarkan cerita Reiko.


Kisah komedi detektif ini diutarakan dengan bahasa yang ringan dan menghibur. Latar belakang cerita disajikan dengan ekstrim. Kehidupan Reiko yang kaya raya, bergelimang kemewahan kontras dengan kekelaman bidang pekerjaannya yang berhubungan dengan sudut tergelap hati manusia.

Pengarang berhasil membangun karakter-karakter tokohnya yang kontras satu sama lain.

Hosho Reiko yang cantik, elegan, modis, super kaya raya, emosional, dan polos.

Kageyama yang tampan, sopan tapi sinis, suka mengejek, bermulut besar, berlidah tajam, dingin, provokatif, teliti, dan sangat pintar. Pelayan yang sebenarnya bercita-cita ingin menjadi pemain bisbol professional atau detektif swasta.

Komandan Kazamatsuri (atasan Reiko) yang kaya raya, suka pamer, ceroboh, bodoh, tidak logis, aneh, semau gue, dan naksir Reiko! Sengaja menjadi polisi untuk mewujudkan impian sederhananya, mengemudi keliling kota dengan lampu patrol terpasang di mobil Jaguar silver metalik kesayangannya.

Kisah detektif dengan gaya menguraikan kronologis kejahatan. Ada 7 kasus yang harus dipecahkan Reiko dan Kageyama. Kisah-kisahnya bervariasi sehingga tidak membosankan.

























Analisa kejahatan pada novel detektif ini lebih cenderung ke gaya Sherlock Holmes ataupun Detektif Conan. Detil mengenai pakaian, sepatu, waktu kejahatan, alat kejahatan, dll. Tidak terlalu menganalisa psikologis seperti kisah-kisah Agatha Christie. Gaya bahasanya runut dan mudah dipahami.

Sekilas karakter tokoh Kageyama yang cuek dan pintar agak mirip dengan karakter Conan atau Shinichi Kudo. Bahkan mereka sama-sama berkacamata! Tapi Kageyama lebih sinis dan dingin, sedangkan Conan jauh lebih hangat. Sebenarnya kisah ini akan jauh lebih menarik jika dibumbui sedikit romantisme antara Kageyama dan Reiko. Mungkin seperti Reiko yang jatuh cinta dengan Kageyama, tapi tidak ditanggapi  =)

Pokoknya, minnasan, The After Dinner Mysteries o yomimashou! ^.^ 

Komentar

  1. halo salam kenal, Mbak :D
    saya kira ini komik loh. yah efek kebawa-bawa komik jejepangan yang bertema detektif sih.
    nyari novel ini di toko buku tapi sering kosongnya -_-

    BalasHapus
  2. Salam kenal juga ^.^ bisa pesan di http://www.owlbookstore.co.id/index.php?route=product/product&product_id=110&search=the+after+dinner+mysteries

    BalasHapus

Posting Komentar

Popular Posting