Current Giveaway 5-12 May 2017

Review Cat and Dog by Park Hee Jung

My rating : 4 bintang (skala 5)



Judul : Cat and Dog
Serial : Cat and Dog #1
Penulis : Park Hee Jong
Penerjemah : Silvanissa
Penyunting : Novianita
Proofreader : Selsa Chintya
Layout : Valencia Brigitta
Penerbit : Haru
Terbitan : Februari 2016
Jumlah halaman : 196 halaman
ISBN : 978-602-7742-74-1





Joo Yeong Woo
Meski hanya bertemu sekali saat masih balita, perlahan aku mulai jatuh cinta pada Mo Seul Woo, tunanganku yang tampan dan juga seorang artis. Akhirnya, hari pernikahanku tiba!

Mo Seul Woo
Aku cuma bertemu dengannya sekali sepuluh tahun yang lalu saat dia masih bayi, dan cewek itu buang air besar di depanku. Aku tidak akan pernah menikahinya.

KToon ini menarik walaupun tema yang diangkat klise, mengenai perjodohan yang lazim terjadi di Korea. =)
  



Visualisasinya bagus banget dan full colour. >.< Mata benar-benar dimanjakan wajah tampan dan cantik. Bacaan fresh. =)




Ketika melihat covernya yang gadis mengenakan hanbok (gaun tradisional Korea), kukira latarnya Korea tempo dulu. 



Tapi ternyata aku salah besar. O.O
Kisah ini menggabungkan dunia tradisional dan modern. Membuat teringat film Princess Hours yang diadaptasi dari komik Goong. Kedua kisah ini berlatar kerajaan di dunia modern, tapi plot ceritanya berbeda. 

Seorang putri Korea, Joo Yeong Woo yang cantik, jatuh cinta setengah mati dengan tunangannya yang berprofesi sebagai artis terkenal. 




Padahal Yeong Woo hanya pernah bertemu satu kali dengan Seul Woo tanpa mengingat detil apa pun. Bahkan pertemuan pertama tersebut sangat berkesan buruk bagi Seul Woo karena tunangannya, Yeong Woo, si bayi imut buang air besar di depan Seul Woo ...




Tentu saja Seul Woo jadi ilfil .... ^.^ Dan mati-matian menolak perjodohan ini. Memang kesan pertama itu sulit berubah. :P




Berlainan sekali dengan perasaan Yeong Woo yang memupuk benih cinta hanya dari menatap foto-foto Seul Woo ... tanpa mengenal kepribadian Seul Woo sama sekali. 



Sedikit kekurangan KToon ini ialah kisahnya agak mudah ditebak dan sedikit tidak logis sih, ibarat mencintai pangeran impian di negeri dongeng. Tapi itu tidak mengurangi menariknya kisah ini. 

Dongeng yang manis dengan sentuhan sarkasme. Kebanyakan dialog singkat, tajam, direct speaking (langsung menuju sasaran) sehingga menonjolkan kesan sarkasme akan kenyataan kehidupan yang tidak semanis permen. Kegetiran Seul Woo yang berasal dari keluarga broken home dan menjadi bayang-bayang rekan seprofesinya, Ha Yoon terekspresikan dengan baik. Ia begitu mengungkung dirinya dalam tembok Berlin kasat mata.




Judul KToon ini provokatif, "Cat and Dog", yang berarti Kucing dan Anjing. 


Dugaanku kisah cinta ini penuh pertengkaran ala kucing vs anjing. Tapi lagi-lagi aku salah. >.< 
Cat and Dog lebih cenderung ke arah perbedaan karakter antara Yeong Woo dan Seul Woo. Sekilas karakter mereka tampak sama, yaitu pendiam. Tapi sebenarnya mereka sangat berbeda bagai langit dan bumi. Yeong Woo manis, lugu, patuh, memuja, dengan kesetiaan yang mengagumkan ala anjing. Sedangkan Seul Woo lebih cenderung ala kucing dengan karakternya yang pemberontak, semau gue, soliter, sulit ditebak, dan misterius. 



Kisah cinta dalam KToon ini cukup rumit. Kisah cinta segiempat. ^.^
Antara Yeong Woo yang super tradisional vs Ha Yoon yang super modern.



Antara Seul Woo yang introvert vs Kuda yang ekstrovert ... (Identitas kuda tidak akan kuberi tahu, biar pada penasaran ... wkwkwkwk :P)





KToon ini romantis, tapi tidak berlebihan. ^.^ Tipe cowok yang tidak bawel seperti Seul Woo memang cool abis. =) 



Bahkan terdapat romantisme dengan sentuhan humor. Pengorbanan mengangkut puteri yang bobotnya bagai satu karung beras ...




Aww... sungguh mengharukan. Sang pangeran kuda tidak memedulikan resiko encok. :P Sang pengarang pandai membuat simbol yang sarkastis. Kuda memang simbol hewan romantis karena kuda jantan akan mengejar wanita (eh... betina) yang dicintainya sepenuh hati. Tanpa memedulikan kereta delman maupun penumpangnya yang terguling dengan cantik di jalanan.  Oleh karena itu jika sedang musim kawin, kedua mata kuda jantan akan ditutupi dengan kacamata. 

Dan hal ini juga terjadi pada sang kuda yang misterius ini. Ia mulai terpesona dengan Yeong Woo, gadis seindah bunga. Karena ia tak memakai kacamata khusus pelindung hatinya ... 

Akhir KToon ini benar-benar menggantung. Bikin penasaran dan super galau. Akibatnya asap jampi-jampi cepat terbit seri selanjutnya ke luar dari bibirku non stop. ^.^ Hayo ... terbit ... terbitlah ...

Untuk penggemar romance kudu baca kisah yang satu ini. Kisahnya juga akan dijadikan KDrama oleh MBC. =)



Komentar

Popular Posting