Happy Birthday Gagas Media 12th, Bergegas Menyongsong Kreativitas

Dear Gagas Media,




Untuk memeriahkan hari ulang tahunnya yang jatuh pada tanggal 4 Juli 2015, Gagas Media mengadakan event 'Kado untuk Blogger'. Hadiahnya keren banget. Dua belas paket buku (e-book dan print book) untuk 12 blogger yang terpilih. Wish me luck ^.^ Aku suka banget novel-novel Gagas Media =)


Karena Gagas Media sudah berusia 12 tahun, maka blogger harus menjawab 12 pertanyaan ^.^




1. Sebutkan 12 judul buku yang paling berkesan setelah kau membacanya?
Jawaban :

1.) Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya.




2.) Jatuh Cinta adalah Cara Terbaik untuk Bunuh Diri by Bernard Batubara.



3.) Interlude by Windry Ramadhina.



4.) The Truth About Forever by Orizuka.



5.) Tomodachi by Winna Efendi.




6.) Made of Stars by Hana Krisviana.



7.) Unforgiven – Eve Shi.



8.) Restart by Nina Ardianti.



9.) The Fault in Our Stars – John Green.



10.) The Casual Vacancy – J.K. Rowling.



11.) Girls in the Dark – Akiyoshi Rikako.



12.) Angels of Morning Star Club – Lim Se Hyuk.



2. Buku apa yang pernah membuatmu menangis, kenapa?
Jawaban :

- Sabtu Bersama Bapak by Adhitya Mulya.




Kisah Bapak dalam novel ini yang merekam nasehat dan saran untuk anak-anaknya, Satya dan Cakra, sangat mengharukan. Sistematis, penuh perhitungan, logis, tipe Bapak yang penuh kasih sayang.  Aku jadi sedih banget ketika membaca novel ini, teringat Bapakku yang sudah meninggal dunia T.T

- Looking for Alaska by John Green


Sedih membaca kisah Alaska, jiwa muda yang memberontak dan terlihat kuat di luar, tapi rapuh di dalam.

3. Apa quote dari buku yang kamu ingat dan menginspirasi?
Jawaban :













Aku setuju banget dengan kalimat tersebut, cinta yang sejati akan bertahan selama bertahun-tahun karena mencintai seseorang bukan hanya karena kebaikannya, tapi juga keburukannya.















Kalimat inspiratif yang cocok untuk pasangan. Untuk apa saling menyakiti dan membuat hati panas kalau ternyata masih saling cinta??? =)

4. Siapakah tokoh di dalam buku yang ingin kamu pacari? Hayo, berikan alasan kenapa kamu cocok jadi pasangannya. Hehehe.

Jawaban :


Ingin pacarin tokoh Yogas dalam the Truth About Forever by Orizuka. Aku jatuh cinta dengan Yogas yang super cool, jutek, tertutup, pendendam, dan misterius.  Tapi, itu hanya kamuflase, benteng dirinya agar semua orang menjauh. Sebenarnya Yogas orang yang sangat hangat, penuh perhatian, dan tidak egois. Tipe setia yang cocok untuk dijadikan soulmate ^.^ (Kan kalau cowok dingin dan jutek begini, rival cinta jadi berkurang drastis …) Walaupun hidup Yogas singkat, tapi cinta yang sudah diterpa badai kuat, akan terasa lebih bermakna =) Sesuai dengan teorema cinta, setelah penderitaan yang luar biasa, akan mengalami rasa cinta yang luar biasa ^.^ (Sebenarnya aku ingin ending novel sicklit ini berubah jadi lebih happy, misalnya Yogas sembuh berkat ekstrak buah merah :P)

5. Ceritakan ending novel yang berkesan dan tak akan kau lupakan!
Jawaban :

- Ending novel Girls in the Dark by Akiyoshi Rikako.


Setiap anggota Klub Sastra mempunyai bercak kegelapan dan berpotensi membunuh Itsumi. Novel ini menarik karena setiap bab merupakan analisis berdasarkan sudut pandang masing-masing tokoh. Berkesan seperti pembelaan diri pada sidang pengadilan dengan gaya sastra dengan gaya menuntut pihak lain secara terbuka dan provokatif. Ending novelnya mengejutkan. Ternyata kejahatan yang rumit, motifnya sangat sederhana, yaitu ambisi. Hal ini mengingatkan pada novel-novel Agatha Christie yang selalu menekankan analisis kejahatan berdasarkan unsur psikologis. Motif kejahatan dan watak si pembunuh, Hanya kisah ini dikemas dengan gaya bahasa anak SMU yang ringan. =)

- Ending novel Gone with the Wind by Margaret Mitchell


Ending novel yang mengharukan ketika Scarlett O’Hara memandang cintanya yang sejati. Bukan seorang pria, tapi Tara, tanah kelahirannya =) Hal ini menurutku inspiratif sekali. Bahwa dalam hidup kadang kita tidak dapat memiliki semua hal. Scarlett O’Hara yang cantik, liar, cerdas, dan ambisius, tapi tidak pernah menemukan kebahagiaan cinta dari pria, walaupun banyak pria yang mencintainya. Tapi, ia tidak pernah kehilangan passion-nya, ia hidup untuk Tara. Bagaimana rasanya jika engkau jatuh cinta pada harumnya bumi, embun daun, atau pun tiupan angin yang membuat tanaman kapas bergoyang menari?




6. Buku pertama Gagas Media yang kamu baca, dan kenapa kamu memilih itu?
Jawaban :

Sabtu  Bersama Bapak by Adhitya Mulya. Aku teracuni saat stalking timeline Gagas Media, waktu itu gencar banget quote-quote tentang novel ini. Pertama lihat covernya suka. Simple, tapi kelihatan hangat. Aku juga suka tema novelnya karena jarang banget nemuin novel bertema kehangatan keluarga ^.^

7. Dari sekian banyak buku yang kamu punya, apa judul yang menurutmu menarik, kenapa?
Jawaban :

-Jatuh Cinta adalah Cara Terbaik untuk Bunuh Diri by Bernard Batubara.


Judulnya logis dan unik. Memang benar sih cinta membuat hidup menjadi semakin rumit, galau, susah makan, susah tidur, tapi tetap saja jatuh cinta susah dicegahnya. Kalau ada vaksin cinta, pasti udah abis diborong sama yg lagi patah hati… Kayaknya harus KKN sama Dewa Cupid supaya perjalanan cintanya mulus :P

 -Kambing Jantan by Raditya Dika



Judul novelnya provokatif. Pikiran pertamaku, ini novel beneran tentang hewan kambing jantan atau julukan orang? (just kidding :P)

8. Sekarang, lihat rak bukumu … cover buku apa yang kamu suka, kenapa?
Jawaban :

- To All The Boys’ I’ve Loved Before by Jenny Han


Covernya manis dan girly banget, yaitu seorang gadis remaja yang sedang membaca surat-surat cintanya untuk kelima cowok yang pernah dia cintai =)

- Single Ville by Choi Yun Kyo


Covernya so sweet ^.^

9. Tema cerita apa yang kamu sukai, kenapa?

Jawaban :

Tema cerita yang paling aku suka :
- Roman
Kisah yang romantis bikin good mood dan optimis ^^ 

-  Detektif
Tergila-gila baca novel detektif. Jatuh cinta setengah mati dengan tokoh Sherlock Holmes, Hercule Poirot, Miss Maple, dan Cormoran Strike. Aku juga suka serial detektif remaja seperti STOP ^.^ Baca kisah detektif menarik karena ikut berpikir untuk menebak kunci kasus dan motifnya. =)

- Fantasi
Suka banget kisah angels, warlocks, witches, maupun petualangan. Kisah fantasi menarik karena  imajinatif, temponya cepat (memacu adrenalin), dan latarnya rinci, seringkali pengarang harus menciptakan kebudayaan & istilah baru =) Kisah fantasi yang sangat menarik menurutku serial Harry Potter dan the Lord of the Ring.

10. Siapa penulis yang ingin kamu temui, kalau sudah bertemu, kamu mau apa?
Jawaban :


Aku ingin ketemu Bernard Batubara dan Orizuka ^^ Kalau ketemu, mau minta ttd di t-shirt dan novel. Inginnya sih ada kelas menulis bareng mereka. =)



11. Lebih suka baca e-book (buku digital) atau buku cetak (kertas), kenapa?
Jawaban :

Lebih suka baca buku cetak (kertas) karena bisa nyantai baca. Kalau baca e-book, matanya cepat lelah o.o Dan karena aku biasa baca e-book melalui komputer, posisi duduk tegak sambil baca buku rasanya cepat pegal T.T Sebenarnya buku cetak boros kertas (penebangan pohon), tapi baca e-book juga memerlukan listrik terutama kalau pakai komputer (listrik memerlukan batu bara atau diesel sebagai sumber energi), jadi aku anggap berimbang dampak negatifnya terhadap lingkungan. =)
Apalagi kalau buku cetak (kertas) bisa ada tanda tangan penulisnya kalau preorder atau kebetulan dapat langsung dari pengarangnya, jadi koleksi bukunya lebih berkesan. Dan aku suka menghirup aroma buku ...addicted :P

12. Sebutkan 12 kata untuk Gagas Media menurutmu!

Jawaban :


Komentar

  1. Balasan
    1. ya, trims udah berkunjung ke blog ini ^.^ yuk dibaca buku-bukunya =)

      Hapus
  2. selamat sudah terpilih kak, wah niat banget bikin postnyaa xDb omong-omong, samaan nih saya juga suka tema detektif, all hail mystery! xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. trims bnyk ^^ novel detektif memang seru =)

      Hapus

Posting Komentar

Popular Posting